7. Mulan

Mulan adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation dan pertama kali dirilis pada 5 Juni 1998 oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution. Film ini disutradarai Tony Bancroft dan Barry Cook, ceritanya ditulis oleh Robert D. San Souci yang mengambil ide dasar dari legenda Tionghoa tentang Hua Mulan.

Mulan merupakan salah satu dari sedikit karakter wanita Disney yang bukan seorang putri atau seorang wanita yang sangat cantik melainkan karakter wanita yang kuat dan tegas. Seluruh karakter digambar berdasarkan seni Tionghoa. Kehadiran teman-teman binatang Mulan juga membawa sesuatu yang baru bagi penonton karena biasanya binatang dijadikan tokoh yang jahat.

6. Aladin

Aladdin adalah sebuah film animasi diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tanggal 25 November 1992. Kisah film ini diadaptasi dari kisah Aladdin dan lampu ajaib dari The Book of One Thousand and One Nights. Sekuel film ini, The Return of Jafar dirilis pada tahun 1994.

5. Ice Age

Ice Age adalah sebuah film animasi CGI yag dibuat oleh Blue Sky Studios dan dirilis oleh 20th Century Fox pada 15 Maret 2002. Film ini disutradarai oleh Carlos Saldanha dan Chris Wedge, cerita ditulis oleh Michael J. Wilson. Pemainnya ialah Ray Romano, John Leguizamo, Denis Leary, dan Jack Black. Sekuel dari film ini berjudul Ice Age: The Meltdown yang dirilis pada tahun 2006, kemudian akan dilanjutkan dengan sekuel yang berjudul Ice Age: Dawn of the Dinosaurs yang dirilis pada tahun 2009. Awalnya, film ini akan disutradarai oleh Don Bluth dan Gary Goldman dalam format film animasi 2D untuk perusahaan Fox Animation Studios, dengan berkembangnya animasi CGI dan kegagalan film Titan A.E. yang mengalahkan tradisi pembuatan film animasi bagi perusahaan animasi Fox, akhirnya Bluth dan Goldman menyerahkan proyek ini untuk ditangani oleh Chris Wedge dan Carlos Saldanha dari Blue Sky Studios yang merupakan bagian dari perusahaan Fox untuk animasi CGI.

4. Shrek

Shrek merupakan sebuah film animasi buatan Amerika Serikat yang disutradarai oleh Andrew Adamson dan Vicky Jenson, dan pengisi suaranya adalah Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz, dan John Lithgow. Film ini diadaptasi dari sebuah buku dongeng bergambar yang berjudul Shrek! karya William Steig pada tahun 1990. Film ini diproduksi oleh DreamWorks Animation. Shrek adalah film pertama yang memenangkan Academy Award untuk fitur film animasi terbaik, sebuah kategori yang pertama kali dianugerahkan pada tahun 2001. Shrek telah dirilis dalam bentuk DVD dan VHS pada 4 September 2001.

3. kungfu panda

Kung Fu Panda adalah sebuah film animasi Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2008. Film ini disutradarai oleh Mark Osborne dan John Stevenson. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain ialah Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie, Lucy Liu, Seth Rogen, David Cross, Ian McShane, dan Jackie Chan.

2. Madagascar

Madagascar adalah sebuah film animasi Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 27 Mei 2005. Film yang disutradarai oleh Eric Darnell. Pemainnya ialah Chris Rock, Ben Stiller, Jada Pinkett Smith, David Schwimmer, Sacha Baron Cohen, Cedric the Entertainer, dan Andy Richter.

1. UP

Up adalah sebuah film animasi produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Up diputar perdana pada 29 Mei 2009 dalam Cannes Film Festival, dan mencatat sejarah sebagai film animasi pertama yang diputar dalam acara tersebut.
Sumber