Sebuah penelitian menemukan bahwa laptop, jika ditaruh dalam waktu cukup lama di atas pangkuan, dapat membuat scrotum—kantung kemaluan pria—memanas. Akibatnya cukup fatal. Anda akan kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Studi yang melibatkan 29 pria di State University, New York, menyimpulkan bahwa duduk dengan laptop di atas pangkuan selama 10-15 menit dapat membuat scrotum menerima panas yang berlebihan.

Penelitian menggunakan termometer untuk mengukur temperatur para relawan ketika laptop berada di atas pangkuan mereka selama satu jam. Sejam berikutnya laptop tetap di atas pangkuan tapi diberi alas.

Pada satu jam selanjutnya, kaki para relawan sedikit diregangkan membentuk sudut 70 derajat dengan laptop tetap berada di atas kaki mereka.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa penggunaan alas antara kaki dan laptop tak banyak membantu untuk mengurangi panas yang dialirkan, walau bisa sedikit menghambat.

Menaruh laptop di atas kaki yang sedikit meregang cukup membantu meski belum bisa dikatakan aman. Ada aliran udara panas yang terbuang. Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa lebih baik menggunakan laptop di atas meja ketimbang di atas kaki.

Memang, mereka mengakui, bahwa belum ada bukti nyata bahwa laptop dapat membuat pria mandul. Tapi meningkatnya suhu kantung kemaluan dapat merusak sperma.

“Saya belum berani mengatakan bahwa menggunakan laptop di atas pangkuan dapat membuat Anda mandul,” kata Yelim Sheynkin, urologist dan State University, New York, kepada Reuters Health
Sumber