Seekor ikan lele yang bisa berubah warna ditemukan di Kota Bandung. Tidak seperti lele pada umumnya yang berwarna gelap, lele milik Ali Sutaryo Wibowo (32) ini berwarna pink. Bahkan, jika terkena sinar matahari, lele itu berubah warna menjadi oranye.

Menurut Ali, lele itu pertama kali ditemukan pada Minggu (7/3/2010) lalu. Saat itu, bermaksud menguras kolam lele milik mertuanya di kawasan Rancabolang. Tiba-tiba setelah dikuras, Ali menemukan dua ikan lele yang warnanya lain.

“Saya menemukan ikan lele loreng dan warna pink. Karena warnanya yang aneh, kedua lele tersebut dibawa ke rumah untuk dipelihara. Ternyata, setelah kena sinar matahari, warna ikan lele itu berubah jadi oranye,” kata Ali saat ditemui okezone di rumahnya Jalan Logam Bandung.

Ali mengaku sempat bertanya kepada beberapa orang kenalan yang mengetahui soal lele. Menurut mereka, lele tersebut terbilang unik dan jarang ditemukan. Apalagi, lanjutnya, lele itu bisa berubah warna menjadi oranye.

“Kalau panjangnya saya tidak tahu karena belum diukur. Tapi berat lele itu sekitar 7 ons. Karena kami belum punya aquarium, lele itu sementara disimpan di dalam bak plastik. Kalau malam suka loncat keluar bak,” kata Ali.

Ali menambahkan, pada saat membeli bibit lele tiga bulan yang lalu, dia sama sekali tidak melihat bibit berwarna pink. Semua bibit yang ia beli, berwarna gelap. Makanya, begitu menemukan lele warna pink, Ali mengaku sempat terkejut.

“Saya sempat kaget ketika melihat lele yang berwarna pink. Soalnya waktu beli, tidak ada bibit lele yang warnanya pink. Semua berwarna gelap,” aku Ali.

Tiga hari sebelum menemukan lele berwarna pink yang bisa berubah warna, Ali Sutaryo Wibowo (32) mengaku sempat mimpi aneh. Dalam mimpinya, ia didatangi seekor lele. Ikan lele itu seperti mengajak bercakap-cakap dengannya.

“Sebelum menemukan lele warna pink dari kolam milik mertua, saya sempat mimpi aneh. Dalam mimpi itu, saya seperti bercakap-cakap dengan ikan lele, tapi tidak jelas apa yang diucapkan,” kata Ali saat ditemui.

Ali pun lantas menceritakan mimpi itu kepada Oza Zanah (25), istrinya. Namun mimpi itu, tidak terlalu digubrisnya. “Entah ada hubungannya atau tidak yang jelas, setelah mimpi itu, saya mendapatkan lele warna pink,” kata bapak satu anak ini.

Sementara itu Oza mengatakan, saat ini suaminya mengaku berencana membeli akuarium baru untuk ikan lelenya tersebut. “Kalau disimpan di dalam bak plastik, tidak cukup.
Sumber