Pil KB adalah alat kontrasepsi yang umum digunakan oleh wanita untuk mengontrol kehamilan. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa wanita yang menggunakan pil KB menjadi lebih posesif dan cemburuan.

Para peneliti menemukan beberapa merek pil KB dengan tingkat estrogen yang tinggi. Hal ini memicu wanita menjadi lebih curiga, posesif dan cemburu.

Penemuan ini masih berhubungan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan pada 3,5 juta wanita Inggris berusia 16 hingga 49 tahun. Terdapat efek samping emosional dari penggunaan pil KB tersebut, seperti yang dikutip Dailymail.

Dalam studi terbaru, peneliti dari Universitas Stirling, Scotlandia, mempelajari 275 wanita berusia 17 hingga 35 tahun. Semua peserta menggunakan berbagai tipe pil KB kombinasi selama tiga bulan yang mengandung estrogen dan progesteron sintetis.

Hasil yang ditemukan, dosis tinggi estrogen dalam pil KB membuat wanita cenderung lebih cemburuan. Tapi progesteron ternyata tidak berperan dalam perubahan emosi pada wanita.

“Oleh karena itu, wanita harus selektif dalam memilih merek pil KB. Dosis estrogen tinggi dapat mengubah emosi”, kata dr. Craig Roberts, salah satu peneliti.

Selain itu, wanita yang menggunakan pil KB dengan dosis estrogen yang tinggi dikhawatirkan bisa lebih sulit untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pasangan. Peneliti juga mengungkapkan bahwa pil KB membuat wanita lebih sering termenung dan mengalami perubahan selera pada pria.

Namun, di balik semua fakta negatif dari pil KB, terdapat fakta positif. Sebuah studi lain menyatakan pil KB dapat meningkatkan kecerdasan wanita.Sumber

Iklan