Saya yakin Anda pasti kenal dengan permainan ular tangga, sebuah permainan ‘klasik’ dimana ada satu petak permainan yang berisi kotak-kotak yang harus dilewati oleh para pemain dengan menggerakan bidak setelah sebelumnya memutar dadu terlebih dahulu.

Permainan ini bisa jadi sangat tenar dikalangan anak kecil jaman dahulu, kini permainan ini, meski telah dikemas lebih modern menggunakan berbagai petak dengan ukuran berbeda serta bidak dengan tambahan magnet, namun keberadaannya sudah semakin menghilang.

Popularitas serta nuansa nostalgia sepertinya yang mendasari Dwi Setiyadi dan Muliawan Jarkasih untuk menghadirkan kembali permainan ini, namun dengan nuansa modern dan terintegrasi dengan jejaring sosial paling populer di Indonesia, Facebook. Anda bisa mencoba permainan ini dengan mengujungi tautan Ulartangga.com kemudian melakukan log masuk dengan akun Facebook.

Cara pemainannya cukup sederhana, akan ada satu petak permainan yang berisi kotak-kotak yang harus dilewati oleh pemain dengan cara mengocok dadu dengan cara mengklik tombol panah disebelah dadu, maka nanti akan muncul angka dadu yang menunjukkan langkah dari bidak Anda. Setelah Anda mengklik tautan untuk melanjutkan permainan, maka bidak Anda akan berpindah seusai angka yang tertera pada dadu, permainan akan selesai jika Anda telah mencapai kotak finish yang ditandai dengan jumlah poin tertinggi yaitu 81.

Selama permainan, Anda akan menemukan ciri khas dari pemainan ular tangga, yaitu peti-peti harta, tangga untuk naik atau ‘ular’ untuk turun, serta jebakan barupa pertanyaan-pertanyaan menarik, kombinasi ini dibuat dengan tujuan untuk membuat permainan lebih seru.

Namun beberapa perbedaan yang terdapat di Ulartangga.com, selain semuanya dilakukan secara online adalah, keterangan Poin, yang bisa dikumpulkan oleh pengguna dan akan mendapatkan hadiah pada periode tertentu, Energi, yang menjelaskan batas energi yang bisa digunakan untuk menjalankan permainan, ketika energi ini habis, maka Anda harus menunggu beberapa waktu untuk bisa menggunakan permainan ular tangga kembali, serta terdapat pula keterangan tentang Posisi bidak Anda di papan permainan.

Seperti yang dijelaskan oleh Dwi Setiyadi, Ulartangga.com dikembangkan menggunakan PHP dan MySQL. Pemilihan Facebook antara lain sebagai tujuan untuk mendapatkan efek viral marketing, yang ternyata memberikan hasil, karena pada awal peluncurannya dalam waktu singkat (bulan Juni 2010), selama 35 hari pertama peluncuran permainan ini, pengguna permainan telah berjumlah kurang lebih 2500 orang.

Kini Ulartangga.com telah memiliki 4031 pemain, dan pengunjung yang bermain di situs Ulartangga.com rata-rata sebanyak 200-300 pengguna perharinya, sedangkan rata-rata pengguna menghabiskan waktu bermain sejam perhari, namun jangka waktu bermain perhari ini juga dipengaruhi oleh jatah energi yang diberikan pada pengguna sebagai syarat untuk bermain, ketika energi ini habis maka pengguna harus menunggu dalam jangka waktu tertentu sebelum bisa melanjutkan permainan.

Untuk menarik pengunjung, Ulartangga.com juga mengadakan program berhadiah dalam periode tertentu bagi pengguna yang mendapatkan nilai tertinggi. Dari keterangan situsnya telah ada satu pemenang yang mendapatkan hadiah pada periode pertama.

Ulartangga.com juga tidak lepas dari strategi monetisasi. Dwi menjelaskan setidaknya ada dua rencana monetisasi mereka, yang pertama adalah rencana mendapatkan pemasukan dari iklan dan sistem kerjsama dengan pihak lain, dan strategi yang kedua adalah dari sistem donatur, dimana pengguna bisa melakukan donasi pada ulartangga.com, sebagai reward maka mereka akan mendapatkan energi tambahan dalam permainan Ulartangga.com.

Yang menarik dari Ulartangga.com pertama-tama adalah pemilihan tema permainan yang sangat Indonesia dan bernuansa nostalgia, cara yang mudah dalam mengoperasikan permainan juga bisa menutupi tampilan desain yang sederhana dari permainan mereka. Apalagi kombinasi fitur pertanyaannya juga cukup menarik, contohnya pertanyaan berikut: ‘siapakah salah satu pendiri Apple Computer yang mengambil peran sebagai ahli teknologi pada perusahaan tersebut?’. Dari pertanyaan ini akan ada tiga pilihan jawaban, pengguna harus menebak dengan tepat sebelum melanjutkan ke permainan.

Kemudian hal menarik yang kedua adalah rencana mereka untuk mengembangkan permainan Ulartangga,com ini, rencananya mereka akan menambah nilai permainan dengan membuat berbagai ragam tema papan permainan. Tema akan disesuaikan dengan musim, hari besar nasional atau tema yang bertujuan untuk memperkenalkan produk sponsor, ide yang cukup jitu menurut saya, karena modifikasi tidak hanya bisa dari desain tetapi juga dari jebakan, items yang ada pada papan permainan serta pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam permainan Ulartangga.com juga bisa dimodifikasi sebagai ‘banner‘ atau tempat untuk penempatan logo sponsor.

Selain dua hal menarik diatas, Dwi juga menjelaskan bahwa Ulartangga.com juga bisa dikembangkan untuk menjadi permainan yang edukatif, dimana pengguna bisa bermain sambil belajar, misalnya dalam fitur pertanyaan yang muncul dalam permainan, maka pertanyaan yang diberikan bisa seputar tema pendidikan atau soal pelajaran tertentu.

Kedepannya mereka sedang mempersiapkan beberapa perbaikan dan penambahan fitur, serta fitur-fitur lain yang menunggu untuk direalisasikan. Permainan klasik yang dihardirkan pada dunia modern ini sebetulnya menarik, apalagi dengan konsep permainan yang bisa dimodifikasi, sepertinya bisa menjadi salah satu pilihan menarik dan memberikan kegunaan bagi para pemilik merek untuk membuat kampanye lewat Facebook dengan permainan klasik yang mudah dimainkan.
Sumber