Jakarta, Payudara adalah salah satu organ perempuan yang sensitif. Ukuran payudara perempuan kadang bisa membesar atau mengecil. Kapan persisnya payudara bisa berubah membesar atau mengecil?

Bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu. Daerah gelap sekitar puting disebut areola. Seperti halnya tubuh yang mulai berkembang, benjolan kecil juga tumbuh di bawah areola dan puting, yang disebut tunas payudara.

Payudara perempuan mulai tumbuh ketika memasuki masa pubertas. Selama pubertas, kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan menyebabkan payudara mulai membesar dan mengalami pertumbuhan, serta tanda dimulainya periode menstuasi.

Keturunan dan gizi mempengaruhi kapan dimulainya masa pubertas. Kebanyakan anak perempuan masuk masa pubertas sekitar usia 10 atau 11 tahun, tapi beberapa perempuan mungkin mengalaminya lebih dini atau lebih lambat.

Butuh waktu 3 sampai 5 tahun dari awal tumbuh hingga payudara mencapai ukuran yang sempurna (tidak mengalami pertumbuhan lagi). Usia ketika awal pertumbuhan payudara tidak mempengaruhi ukuran dan bentuk akhir payudara nantinya.

Dilansir Youngwomenshealth, Selasa (2/11/2010), keturunan merupakan faktor yang penting dalam menentukan bentuk dan ukuran payudara. Tidak ada krim, latihan khusus atau pakaian yang dapat secara permanen mengubah ukuran payudara.

Apa faktor yang bisa membuat payudara membesar dan mengecil?

Pada kondisi-kondisi tertentu bisa membuat ukuran payudara berubah, baik membesar atau mengecil, yaitu:

   1. Berat badan naik otomatis akan membesar dan saat berat badan turun ukuran payudara bisa ikut menyusut
   2. Proses kehamilan dan menyusui, akan membuat payudara membesar dan normal lagi setelah habis masa menyusui.
   3. Sebelum masa menstruasi payudara juga akan membesar karena peningkatan hormon estrogen

Namun, sebagian perempuan bisa saja tidak mengalami hal tersebut dan tetap memiliki ukuran payudara yang sama sepanjang hidup setelah masa pubertasnya.

Yang perlu diingat, ukuran payudara tidak berpengaruh pada kemampuan seorang ibu untuk menyusui bayinya.
Sumber