Toyota Motor Corp dan Fujita Health University menguji coba robot yang akan membantu pasien stroke yang mengalami kelumpuhan untuk berjalan.

Toyota berharap robot akan menjadi bisnis baru. Mereka juga sedang berusaha untuk menganjurkan penggunaan robot untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi jika dalam pengujian, robot tersebut bisa efektif dan para ilmuwan dapat mengurangi ukuran dan bobotnya.

Menggunakan teknologi kontrol milik Toyota, seperti dikutip dari Japan Today, 19 Oktober 2010, robot itu mampu membantu orang yang mengalami kelumpuhan sebelah yang berusaha berjalan. Dengan mendeteksi pergerakan kaki, robot itu membantu pergerakan lutut dengan motor. Ini dapat mencegah pasien terjatuh saat melenturkan lututnya.

Robot yang akan berdiri di samping pasien ini juga memperkenankan mereka mengistirahatkan lututnya saat mereka belajar berjalan, atau menempatkan tangan di bahu robot, sesuai dengan kebutuhan sang pasien.

Pada Desember 2007 lalu, Toyota pernah menyebutkan bahwa mereka akan fokus dalam mengembangkan robot pembantu. Targetnya, robot seperti itu akan bisa digunakan untuk merawat para manula dan di bidang lain pada kisaran tahun 2010.
| vivanews |