KETIKA sakit kepala, rasa tidak nyaman begitu kuat menyerang bagian leher, belum lagi beban berat seperti menghujam kepala. Bagi banyak orang, obat sering kali dijadikan garis pertahanan utama. Tahukah Anda, ada cara lain untuk meredam sakit kepala?

Jika sakit kepala Anda menyerang terus-menerus, carilah dokter untuk menanganinya. Sementara, berikut adalah beberapa cara lain untuk meringankan sakit kepala, seperti diulas Womansday.

Botox

Botox paling dikenal bisa menghilangkan keriput, tapi juga efektif mengobati sakit kepala.

“Botox merileskan otot-otot yang berkontraksi selama sakit kepala,” kata Traci Purath MD, direktur medis Comprehensive Headache Care di Wheaton Franciscan Medical Group di Franklin, Wisconsin. “Botox memblokade saraf-saraf sensorik ke otak untuk memulihkan rasa nyeri serta meredakan ketegangan di dahi dan bagian belakang leher,” katanya.

Efek botox mulai terasa sekitar 8-10 hari kemudian yang sebaiknya tidak diulang sebelum tiga bulan.

Akupunktur

Sebuah bantuan ringan dapat menjadi trik untuk mengobati sakit kepala Anda. “Akupunktur bekerja menghubungkan pikiran dan tubuh untuk membantu pasien selaras dengan rasa sakit mereka. Tubuh belajar menyesuaikan diri dengan tingkat rasa sakit,” kata Dr Purath.

Jarum ditempatkan pada area sensorik tertentu, seperti dahi, leher, dan pipi untuk mengarahkannya pada rasa sakit. Jarum yang digunakan sangat kecil hingga Anda hampir tidak dapat merasakannya. Bahkan, sebagian pasien melaporkan merasa rileks. Pengobatan, ditegaskan Dr Purath, dilakukan selama beberapa bulan, namun manfaatnya bisa bertahan hingga satu tahun.

Seks

Berapa kali Anda menggunakan alasan sakit kepala untuk tidak bercinta dengan pasangan? Perlu disimak, hubungan seks sebenarnya dapat membantu meringankan sakit kepala.

“Endorfin alami dan hormon penghilang rasa sakit lainnya dilepaskan selama orgasme, yang membantu Anda untuk rileks dan tenang,” kata Dr Purath.

Olahraga

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, olahraga dapat membantu. “Ketika bergerak (selama olahraga), Anda meningkatkan stamina, mengurangi stres, dan tidur lebih nyenyak,” kata Jan Brandes MD, asisten profesor klinis jurusan neurologi di Vanderbilt University. “Semakin ketat berolahraga—jogging, jalan cepat, berenang—semakin Anda akan mengurangi rasa sakit akibat kepala tegang,” tambahnya. Namun, jika Anda mengalami migren, olahraga rutin justru bisa membuatnya lebih buruk.

Ngemil

Sepulang kerja, kepala Anda terasa berdenyut, dan Anda tiba-tiba menyadari bahwa sudah berjam-jam perut dibiarkan kosong tanpa asupan makanan. Jika Anda membiarkan tubuh terlalu lama tanpa asupan makanan, kadar gula darah Anda menurun hingga menyebabkan sakit kepala hipoglikemik, kata Dr Purath.

“Apel akan menyingkirkan sakit kepala segera dan membantu membawa kadar gula darah kembali normal. Tahan godaan untuk ngemil permen karena akan meningkatkan kadar gula darah Anda di kemudian hari,“ kata Dr Purath. Tapi, tegasnya, jangan makan pisang karena bisa memicu sakit kepala.

Kafein

“Selain membuat Anda tetap terjaga, secangkir kopi memiliki manfaat tak terduga di mana jumlah tertentu kafein dapat membantu mengendalikan sakit kepala sakit, ” kata Dr Brandes.

Selain itu, kafein dapat membantu tubuh menyerap obat migren lebih baik melalui lapisan perut, juga dapat mengurangi nyeri pada awal sakit kepala oleh konstriksi pembuluh darah. Bagi sebagian orang, kafein menyebabkan sakit kepala, jadi konsumsi dengan hati-hati.

Tidur

Rasanya, mendapatkan tujuh jam tidur sulit di antara tumpukan deadline pekerjaan, tetapi jika Anda menderita sakit kepala, tidur terlalu sedikit (atau bahkan terlalu banyak) dapat memperparah sakit kepala.

“Tubuh Anda membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur tanpa gangguan untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan sakit kepala,” kata Dr Purath.

Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab terbesar sakit kepala. “Ketika tidak mendapatkan cukup air, tubuh mulai mengambil cairan yang sudah tersimpan dan mencari cara untuk mengirimkan sinyal bahwa sesuatu yang salah terjadi (yaitu dengan cara sakit kepala atau migrain),” kata Dr Purath.

Kabar baiknya, minum segera bisa menyembuhkan ketidaknyamanan sakit kepala. Untuk menjaga tubuh seimbang, minum 8-10 gelas air berisi sekira 8 ons per gelas setiap harinya. Tapi jangan berlebihan, karena kelebihan cairan dapat mengurangi elektrolit dan kadar natrium.
| okezone |