Peneliti Inggris menemukan dua koloni udang kecebong, Triops cancriformis, di Caerlaverock di Pantai Solway, Dumfriesshire, bagian selatan Skotlandia. Penemuan itu memungkinkan udang kecebong jadi spesies tertua yang masih hidup di bumi.

“Fosil menunjukkan udang itu sama dengan bentuk mereka 200 juta tahun lalu, saat dinosaurus pertama muncul,” kata Elaine Benzies dari Universitas Glasgow, Jumat (30/7).

Peneliti menyimpulkan udang kecebong hidup di kubangan air tawar. Saat air surut, udang dewasa mati. Namun sebelumnya meninggalkan ratusan telur yang bisa hidup bertahun-tahun di lumpur, sampai air menggenang lagi. Telur itu tumbuh jadi udang dewasa dalam hitungan minggu.

Sebelum penelitian ini, Dr Larry Griffin dari Wildfowl & Wetlands Trust menemukan adanya koloni “tak lazim” di Caerlaverlock, pada 2004. “Setelah sekarang terbukti koloni ini mampu bertahan, kami berharap ada populasi lain di sekitar sini,” katanya.

Dia menambahkan, semua udang yang ditemukan di sana betina. “Namun memiliki organ reproduksi jantan dan betina,” katanya.

Pasca penemuan ini, WWT, Universitas Glasgow dan Konservasi Alam Skotlandia meluncurkan proyek bersama untuk mencari koloni lain dari udang kecebong. “Kami akan memperlebar area pencarian,” kata Profesor Colin Adams.
| tempo |