Nilai ulangan jelek, berantem sama sahabat sendiri, tuntutan dari orang tua seringkali menyebabkan kita stress. Sebenarnya stres diperlukan supaya kita sedikit tertekan dan terpacu untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Namun stres akan menjadi dampak yang buruk jika kita tidak dapat mengendalikannya. Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres, diantaranya adalah:

Tertawa

Tertawa sangat ampuh untuk menghilangkan stres karena dapat mengurangi berbagai tekanan dalam diri kita. Coba deh bercanda sama keluarga atau teman di saat kita sedang stress. Selain itu nonton film komedi juga bisa membuat kita tertawa dan merasa lebih baik.

Tidur
Tidur merupakan salah satu jawaban favorit banyak orang untuk mengatasi stres. Enggak perlu tidur dalam waktu yang lama, 30 – 45 menit saja sudah cukup untuk mengembalikan energi tubuh kita. Tubuh menjadi lebih segar dan pikiran pun tenang dan jernih. Thomas Alfa Edison adalah salah satu orang yang menerapkan waktu tidur dalam 30 menit tersebut lho.

Pijatan
Pijatan memang dapat membuat otot-otot dalam tubuh kita yang tadinya tegang menjadi lebih rileks. Otot yang biasa dipijat adalah sekitar kepala, leher dan bahu untuk mengurangi stress.

Lakukan Hobby
Salah satu cara yang dapat membuat kita lebih tenang adalah dengan melakukan hal yang kita sukai. Hobby membuat kita untuk mengekspresikan diri sendiri secara optimal. Terutama yang berhubungan dengan seni seperti menulis, bermain musik, melukis, photography, dan lainnya. Bidang kreatif seperti ini dikatakan dapat mengalihkan energi kita ke arah yang lebih dan lainnya. Bidang kreatif seperti ini dikatakan dapat mengalihkan energi kita ke arah yang lebih positif.

Berpikir positif
Semua hal positif sangatlah baik untuk diri kita. Mulailah berlatih untuk berpikir positif karena pikiran positif akan mengarahkan diri kita untuk menuju hal yang kita inginkan secara tidak langsung sehingga kita akan bersemangat dalam mengerjakan banyak hal sehingga hasilnya pun akan sesuai dengan tujuan kita semula.
So , Semoga dengan tips di atas kita dapat mengendalikan diri kita ketika dilanda stres, ya!
| hai-online |