Meskipun membongkar ponsel atawa biasa disebut jailbreak  kedengarannya melanggar, namun hal ini legal di Amerika Serikat menurut aturan terbaru, dan banyak orang melakukannya. Mengapa?

Jawaban sederhananya adalah ini: Untuk mendapatkan kontrol lebih.

Beberapa telepon seluler, terutama iPhone, muncul dengan pembatasan jenis aplikasi atau program yang dapat Anda beli dan jalankan, jaringan selular yang dapat Anda gunakan, dan – pada dasarnya – apa yang dapat Anda lakukan dengan telepon itu.

Membongkar iPhone memungkinkan Anda untuk berbelanja aplikasi di mana saja di internet, bukan hanya di iTunes App Store, di mana semua aplikasi harus disetujui oleh Apple untuk dijual.

Ada beberapa jenis aplikasi yang Apple tampaknya tidak akan menyetujui, dan Anda dapat menemukannya di toko applikasi gelap (sekarang legal), seperti Cydia.

Berikut beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan jika telepon Anda sudah dibongkar, tetapi Anda tidak akan menemukan di toko aplikasi utama:
 
 MyWi: aplikasi ini mengubah iPhone menjadi hot spot Wi-Fi mobil. Itu berarti Anda bisa melompat ke internet dengan laptop, bahkan jika Anda tidak dapat menemukan jaringan Wi-Fi publik untuk bergabung, dan tidak memiliki kartu 3G.

IntelliScreen: Ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan layar iPhone, yang biasanya hanya menunjukkan waktu, tanggal, dan sebuah tombol yang memungkinkan Anda membuka telepon. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melihat e-mail dan kalender pada layar awal, sehingga tidak harus membuka telepon untuk mencari tahu apa yang terjadi.
 
Tlert: Daripada harus membuka program teks pesan iPhone, aplikasi ini memungkinkan Anda menanggapi pesan teks baru dari berbagai program atau layar.

Mungkin alasan paling populer bagi orang untuk membongkar iPhone mereka adalah agar mereka bisa “unlock”-nya juga.

Ini sedikit membingungkan, tetapi ada perbedaan mendasar antara “membongkar” ponsel yang memungkinkan Anda mengunduh aplikasi apapun, dan “unlocking”, yang memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan nirkabel lain dengan iPhone.

Untuk membuka kunci iPhone, pertama Anda harus membongkarnya. (Apple tidak ingin orang-orang beralih dari AT & T, yang merupakan operator jaringan nirkabel eksklusif untuk iPhone di Amerika Serikat). Lalu unduh aplikasi,  Misalnya, Ultrasn0w – yang akan membuka telepon Anda ke jaringan lain.

Membuka kunci iPhone akan memungkinkan untuk mengakses jaringan GSM lain, yang di AS hanya meliputi T-Mobile dan AT & T. Bahkan jika Anda membuka iPhone Anda, Anda tetap tidak akan bisa menggunakannya dengan Verizon atau Sprint.

Namun, banyak operator internasional mengoperasikan jaringan GSM, sehingga orang-orang yang sering melakukan perjalanan mungkin ingin membuka ponsel mereka untuk menghindari biaya roaming internasional.

Setelah iPhone di-unlcoked, masukkan kartu SIM dari jaringan baru yang ingin Anda gunakan. (Pada iPhone 3G dan 3GS, kartu SIM berada di bagian atas telepon, keluarkan dengan klip kertas. Pada iPhone 4, kartu mini-SIM di samping, dan Anda masih perlu klip kertas.)

Sementara Apple mengatakan membongkar iPhone membuatnya lebih mungkin untuk crash.

Membongkar iPhone juga membatalkan garansi dengan Apple, jadi jika ponsel Anda tiba-tiba mati setelah dibongkar, Apple tidak harus memperbaikinya.

Namun, menghubungkan iPhone ke iTunes, dapat mengembalikan ke kondisi aslinya, menurut Kyle Matthews, pemilik situs modmyi.com.

“Apple dapat membatalkan garansi jika iPhone dibongkar, jadi Anda bisa kapan saja menghubungkan ke iTunes dan tekan restore dan iTunes akan secara otomatis mengembalikan iPhone Anda ke keadaan sepenuhnya sebelum dibongkar,” katanya. “Jadi, bukan sesuatu yang tidak bisa kembali.”

Sejumlah program gratis dan berbayar dapat membongkar iPhone dalam satu klik. Di antara yang populer adalah Spirit dan PwnageTool, kata Matthews.

Anda bisa menemukan panduan bagaimana membongkar iPhone, iPod Touch dan iPad pada ReadWriteWeb, hackthatphone.com dan Gizmodo.

Pengguna yang ingin membongkar ponsel mereka menginstal program-program itu dan kemudian mengikuti petunjuknya. 
| tempo |