Kemunculan foto-foto monyet yang sedang dilatih kelompok Taliban untuk menggunakan senjata seperti AK-47 dan Bren di perbatasan Pakistan dan Afganistan mendorong sejumlah ilmuwan melakukan riset. Menurut para ahli Zoologi, hal itu hanyalah kebohongan, karena monyet tak akan bisa dilatih untuk menggunakan senjata.

Foto-foto yang disebut Amerika Serikat sebagai “Monkey terrorists” hanyalah khayalan semata. Setelah dua pekan akhirnya, seorang ahli mulai angkat bicara mengenai kemungkinan melatih monyet menjadi ‘tentara’.

“Mereka dapat dilatih untuk melakukan hal-hal seperti mematikan lampu dan membuka kran dan sebagainya, tetapi akhirnya mereka justru merusaknya,” kata profesor dari University of California, William Mason seperti dilansir News.com, Selasa (27/7/2010).

“Kalau kita berbicara tentang hewan pergi ke lapangan atau sebuah benteng dengan AK-47 atau apa pun, tampaknya sangat, sangat tidak masuk akal, Jadi begitulah monyet tidak dapat melatih untuk menembak,” tambah Mason

Tapi, sejak kemunculan laporan-laporan mengenai pasukan monyet tersebut banyak orang yang mulai khawatir. Namun tak jarang banyak orang yang mempercayai bahwa foto-foto tersebut merupakan hasil editan dengan menggunakan Photoshop.
| okezone |