Para ilmuwan Australia menemukan kehidupan laut prehistori di kedalaman ratusan meter di bawah Great Barrier Reef. Hiu purba, ikan raksasa, gerombolan udang, dan cumi-cumi primitif ditemukan diantara kehidupan unik lainnya.

Pemimpin ekspedisi Justin Marshall mengatakan timnya menjumpai beberapa spesies ikan yang belum teridentifikasi termasuk hiu prehistorik berinsang enam. Hewan purba tersebut terdokumentasikan berkat kamera bawah laut yang didesain khusus menyelam hingga ke dasar laut.

“Kami menjumpai berbagai makhluk yang unik, beberapa dari mereka bahkan belum teridentifikasi,” ucap Marshall pada AFP, Kamis (15/7) waktu setempat. “Ada hiu yang saya kira ikan lele. Hiu itu memiliki sirip yang aneh.” “Kamera kami kini dapat merekam perilaku dan kehidupan bawah laut di biosper terbesar di Australia,” tambah Marshal.  Para peneliti telah memperingatkan bahwa kehidupan laut seluas 345.000 kilometer dalam bahaya besar. Ini disebabkan oleh efek pemanasan global dan pencemaran lingkungan oleh bahan kimia.Liputan6

Iklan