Pada kamis dini hari WIB nanti, akan diselenggarakan Partai Final Piala UEFA Cup antara Atletico Madrid melawan Fulham yang akan di langsungkan di Hamburg, jerman. Persiapan kedua tim sudah mencapai tahap puncak. Khususnya tim perwakilan dari spanyol ini, mereka terpaksa naik pesawat lebih awal ke Hamburg untuk persiapan final Liga Europa,dimaksudkan untuk menghindari hujan abu vulkanik yang berpotensi mengganggu cuaca Eropa yang telah diperkirakan akan kembali menyerang daerah-daerah tertentu di eropa termasuk di jerman.

Diego Forlan dan kawan-kawan semestinya dijadwalkan berlatih di Madrid pada Senin pagi waktu setempat, lalu berangkat ke Jerman via udara pada keesokan harinya. Namun, “Rojiblancos” mengubah rencana tersebut dengan menerbangkan pemain lebih awal pada hari senin pagi karena ada peringatan mengenai bakal terulangnya hujan abu vulkanik akibat aktivitas gunung berapi di Islandia.

salah satu sumber klub atletico ini mengungkapkan bahwa mereka tidak ingin menghadapi risiko sekecil apa pun dan memilih menunda latihan dan berharap memperoleh udara sebersih mungkin yang membolehkan mereka terbang ke Hamburg.

Bulan lalu, kejadian serupa menimpa sejumlah klub yang berlaga di Liga Champions dan Liga Europa. Liverpool terpaksa menempuh perjalanan dua hari dengan kereta api dan pesawat untuk bertamu ke kandang Atletico pada semifinal leg pertama mereka dan dampak Kelelahan karena perjalanan yang memakan waktu itu membuat “The Reds” harus menerima kekalahan karena faktor fisik yang terkuras dalam perjalanan tersebut.

Hampir semua tim yang bertandang pada leg pertama semifinal turnamen Eropa mengalami kekalahan akibat melakukan perjalanan lewat darat. Barcelona kalah di Milan, sementara Olympique Lyonnais menyerah di Muenchen pada semifinal Liga Champions. Hanya Fulham yang sedikit beruntung karena berhasil bermain seri tanpa gol lawan Hamburg.

sedangkan kabar dari pihak inggris tampaknya persiapan mereka bukanlah terganggu oleh karena faktor cuaca yang hampir menghalangi klub atletico Madrid, melainkan faktor dari dalam klub tersebut yang kabarnya beberapa pemain kunci Fulham kemungkinan besar harus absen di final nanti karena cedera.

Salah satu nya adalah Bobby Zamora yang diharapkan mampu mendobrak pertahanan atletico, kabar terakhir menyebutkan bahwa masalah hamstringnya masih belum bisa di ajak bernegosiasi. Begitu pula dengan Damien duff, nasibnya kurang lebih sama terhadap apa yang di alami bobby Zamora.

Salah satu keuntungan Fulham diyakini ada di pundak sang manager, Roy Hodgson yang jam terbangnya di turnamen ini sangatlah besar. Kepiawaian roy dalam meracik ramuan taktiknya untuk memberikan Fulham gelar juara di eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah persepakbolaan mereka ditunggu banyak pihak terutama rakyat inggris yang menginginkan gelar ini jatuh ke tangan Mereka, mengingat gelar dari liga champion telah hilang dari tangan mereka musim ini.

Rakyat inggris boleh berharap kepada pasukan yang akan dipimpin oleh danny Murphy, tapi setidaknya mereka juga harus berhati-hati terhadap gebrakan tim matador yang memiliki permainan yang sangat cepat terutama dalam melakukan serangan balik. Tampaknya Terbukti atletico lebih meimiliki cobaan yang lebih berat sebelum maju ke putaran final dengan melumatkan klub klub besar seperti Galatasaray, Sporting Lisbon, Valencia, dan Liverpool dibandingkan dengan Fulham yang hanya Juventus lah satu satunya nama besar yang mereka kalahkan.

Siapakah yang akan menjuarai piala Uefa cup tahun ini? apakah kekuatan dari spanyol akan mengulangi kejadian di tahun 2006 dengan mengalahkan klub inggris di final? Atau sebaliknya? 


Iklan