Setelah menjalani audisi dan bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan orang yang mengirim demo lagu, jebolan Indonesian Idol 2007, Fandy Santoso akhirnya terpilih jadi vokalis Kerispatih.

Lalu, apa alasannya hingga Fandy terpilih menggantikan Samuel Hendra Simorangkir atau Sammy yang tengah terbelit kasus narkoba?

“Dari sekian banyak peserta, Fandy mencuri hati kami dan kita memang cari vokalis yang bisa mendukung Kerispatih,” tutur Badai, saat jumpa pers di Kantor Nagaswara, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Badai menceritakan, Fandy merupakan penyanyi yang didapatkan dari audisi yang digelar selama sepekan oleh Kerispatih. “Saat itu dia termasuk dari 100 besar dari 1.000 sampai 5.000 pengirim demo. Menyita energi memang, kita harus mendengarkan demo segitu banyak,” paparnya.

Awalnya, Kerispatih berencana menggelar audisi melalui televisi setelah jumlah 100 orang tersebut mengkerucut. “Tapi akhirnya kami berpikir, kami ingin melakukan pendekatan lebih person ke person,” ujarnya.

Dalam penilaian Kerispatih, Fandy memiliki warna vokal yang berbeda dengan vokalis yang lain. “Warna vokal dia punya unsur black dan R & B, meski tidak sekental Sammy,” ucapnya.

Saat memilih Fandy pun, tidak terjadi perdebatan sengit antar sesama personel Kerispatih. “Akhirnya kami aklamasi memilih Fandy. Karena dia punya energy yang luar biasa. Vokal dia bisa menjadi representasi warna musik Kerispatih,” terangnya.

“Kita setuju semua. Kita sama-sama memilih Fandy tanpa ada clash satu sama lain. Kerispatih tetap harus maju. Memang berat harus seperti ini tapi kita harus maju dan ingin jadi band yang mau maju,” tambah Andika, personel Kerispatih yang lain.

Di mata Arif, suara Fandy cukup bagus, begitu juga attitude-nya. “Buat saya, skill nomor sekian. Tapi attitude-nya yang jadi nomor satu,” urainya.

Badai melanjutkan, sedari awal Kerispatih memang ingin mencari vokalis yang clear dan memiliki image yang baik di media massa dan orang lain. “Dan Fandy memenuhi semua itu,” katanya. (uky)

sumber info

Iklan