Selama ini seluruh warga dunia mungkin hanya mengenal dinosaurus sebagai binatang raksasa dengan ukuran tubuh yang sangat besar dan beratnya yang mencapai ukuran ton.

Namun, peneliti dari University of Calgary, Kanada berhasil menemukan dan mengungkapkan detail spesies dinosaurus berukuran seperti ayam yang kita kenal saat ini.

Dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), peneliti University of Calgary, Nicholas Longrich mengungkapkan, spesies dinosaurus itu tak jauh berbeda dengan jenis Velociraptor, sejenis Dinosaurus dalam film Jurassic Park.

Softpedia, Selasa (17/3/2009), melansir spesies terbaru tersebut ditemukan di kawasan pegunungan batu wilayah Amerika Utara.

Longrich mengatakan, perbedaan mendasar antara spesies baru itu dengan Velociraptor hanyalah pada ukurannya yang hanya seukuran ayam. Diperkirakan spesies baru itu berasal dari usia 75 juta tahun silam. Spesies yang belum diberi nama tersebut merupakan jenis pemakan daging dan memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat serta memiliki ukuran otak yang lebar.

“Hewan itu kemungkinan memakan daging yang sesuai dengan ukurannya seperti serangga, mamalia, amfibi atau mungkin bayi dinasaurus,” ujar Longrich.

Menurut Longrich, ukuran beratnya hanya dua hingga 2,5 kilogram, dan tinggi yang dapat mencapai 1 hingga 1,2 meter.

sumber : okezone