OTTAWA – Vendor Research in Motion (RIM) tengah sumirangah. Pasalnya, BlackBerry buatan mereka berhasil mencapai penjualan hingga 50 juta unit.

Ponsel cerdas itu memang sedang naik daun pada beberapa tahun belakangan. Maka tidak heran, sejak diluncurkan Januari 10 tahun lalu BlackBerry mampu menjual 50 juta unit di seluruh dunia. Bahkan, ini telah mengumpulkan basis pelanggan sebanyak 21 juta yang melakukan transfer data sebesar 3 petabytes setiap bulannya.

Meski begitu mereka masih optimistis menambah keuntungan, dan RIM berharap penjualan 50 juta unit yang berikutnya dapat dimulai dari dua model terakhirnya, yaitu BlackBerry Bold dan BlackBerry Storm. Demikian yang dilansir Vnunet, Jumat (6/2/2009).

Tetapi saat ini Blackberry sedang menghadapi pertarungan yang lebih sulit dengan munculnya beberapa rival baru, selain platform Windows Mobile dan Symbian, yaitu iPhone dan platform Google Android, serta Palm Pre yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Namun, penjualan BlackBerry masih kalah mentereng dengan ponsel yang berbasis OS Symbian. Sebab, ponsel dengan Symbian bahkan telah terjual sebanyak 80 juta unit hanya di tahun 2007 saja, dan OSnya dapat ditemukan di 250 juta ponsel di dunia saat ini. Windows Mobile juga berhasil mencapai 20 juta unit dari� penjualan tahun lalu saja.

Tugas berat bagi BlackBerry untuk berhasil menguasai pasar di seluruh dunia, walaupun kemungkinan itu masih terbuka lebar. (srn)

Sumber : http://okezone.com

Iklan