SIAPA sih yang tidak suka cokelat? Rasa manisnya disukai wanita maupun pria, dari anak kecil sampai orang dewasa. Namun bagi wanita, cokelat juga ditakuti membuat berat badan naik.

Selain diyakini dapat membuat badan menjadi melar, cokelat juga diyakini bisa membuat karies pada gigi, serta berbahaya bagi penderita diabetes. Padahal, cokelat sebenarnya memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menimbulkan perasaan rileks. Yang tidak kalah pentingnya, cokelat ternyata bisa dijadikan untuk kosmetik kecantikan.

Cokelat memang dapat dijadikan sebagai bahan untuk mempercantik kulit. Buah yang satu ini dipercaya memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebut saja menjaga kelembutan dan kelembapan kulit, mengencangkan dan memperhalus kulit, serta memperlambat penuaan dini, juga mencegah kerutan pada wajah. Buah ini juga bisa dijadikan masker untuk wajah. Tidak sulit kok membuat masker ini.

Untuk membuat masker cokelat, sediakan dark chocolate yang memiliki kandungan cokelat tinggi, susu bubuk jenis full cream, serta garam. Yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah melelehkan cokelat batangan tersebut, lalu mencampurnya dengan garam dan susu bubuk full cream.

Aduk hingga tercampur semuanya. Dinginkan hingga cokelat mencapai suhu ruangan. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 15-30 menit. Setelah itu bersihkan wajah Anda. Hasilnya, wajah Anda terasa segar dan lebih halus dari sebelumnya.

Jika Anda memiliki bekas luka atau bekas jerawat, ada pula jenis masker cokelat yang bisa menghaluskan dan menyamarkan bekas-bekas jerawat yang tidak diinginkan tersebut. Anda masih tetap harus menyediakan dark chocolate, tapi ganti garam dengan gula.

Kali ini campuran masker tidak membutuhkan susu bubuk full cream. Bahan lain yang perlu Anda sediakan adalah madu dan mentega. Kedua bahan ini memiliki efek melembapkan dan antiseptik.

Caranya masih sama dengan membuat masker cokelat sebelumnya. Dark chocolate dilelehkan, lalu diaduk dengan seluruh sisa bahan hingga merata. Setelah dingin, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan.

Yang lebih unik lagi dari panganan kegemaran anak-anak ini, cokelat bukan hanya baik untuk kulit wajah, juga kulit tubuh Anda.

Untuk keperluan yang satu itu, cobalah membasuh seluruh tubuh Anda dengan sabun mandi cokelat? Untuk membuatnya mudah kok. Siapkan dark chocolate, sabun mandi cair tanpa aroma, dan susu cair full cream. Panaskan susu cair lalu masukan irisan cokelat ke dalamnya hingga meleleh. Campur adonan tersebut dengan sabun mandi cair hingga merata.

Tuangkan sabun cair cokelat tersebut pada bathtub yang sudah berisi air hangat. Aduk agar air sedikit berbusa. Nah, sekarang Anda bisa berendam. Sabun cair cokelat ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang. Akan sangat pas jika Anda mencobanya saat akhir pekan untuk melepas stres setelah lima atau enam hari bekerja.(sindo//tty)

sumber : okezone

Iklan