JAKARTA – Setelah E71, Nokia kembali menggelontorkan ponsel seri E-nya dengan mengandalkan E63 yang dirancang untuk pengelolaan kehidupan bisnis dan pribadi.

Dibangun di atas keberhasilan Nokia E71, perangkat messaging Nokia yang paling populer, Nokia E63 menghadirkan bentuk dengan papan ketik Qwerty bagi khalayak yang lebih luas dengan harga yang menarik. Nokia E63 diharapkan mulai dijual dalam beberapa minggu mendatang dengan perkiraan harga sekira 199 euro.

“Riset kami menunjukkan bahwa orang menginginkan perangkat yang mampu menangani kehidupan pribadi dan profesional, tapi membantu mereka memisahkan keduanya. Ketika seseorang duduk makan siang, mereka ingin membuka jejaring sosial atau membaca email pribadi mereka, dan mereka tidak ingin diganggu pekerjaan. Ini adalah sebuah contoh luar biasa akan teknologi yang beradaptasi ke penggunanya. Nokia E63 adalah proposisi baru untuk Eseries, sebuah perangkat messaging yang akan membuat orang terlibat dalam jejaring sosial mereka seperti layaknya dalam jejaring bisnis,” kata Senior Vice President Nokia Soren Petersen, melalui keterangan resminya, Kamis (4/12/2008).

“Meskipun tampil menarik bagi kelompok pengguna baru dengan rancangan yang terasa enak di tangan dan memiliki dua warna baru, Nokia E63 masih merupakan anggota keluarga Eseries. Orang menggunakan Eseries untuk mengakses email korporat mereka, melihat jadwal dan pekerjaan dalam jejaring bisnis mereka. Karena itu Nokia E63 masih memiliki konektivitas Wi-Fi, akses mudah ke Mail for Exchange dan tombol khusus untuk akses buku telepon, kalender dan email,” imbuh Peterson.

Selain itu, Nokia E63 juga memiliki kemampuan untuk berpindah modus hanya dengan menekan sebuah tombol, berpindah dari tampilan mail, jadwal dan data intranet korporat ke modus pribadi dengan foto teman-teman, email pribadi dan jalan pintas ke blog atau situs web favorit.

“Respon luar biasa yang kami terima untuk Nokia E71, yang dengan cepat telah menjadi tipe ponsel dengan penjualan terbaik dalam kategorinya, membuat kami yakin bahwa kami berada di jalur yang tepat. Orang menginginkan pengalaman terbaik ketika menggunakan messaging, jejaring sosial dan Internet. Dengan Nokia E63 anda bisa menikmati web, memperbarui status anda dan bekerja secara efisien dengan lebih dari satu account email,” lanjut Peterson.

Nokia E63 juga memiliki Files on Ovi, sebuah layanan di mana orang bisa mengakses file-file di PC mereka dari jarak jauh, bahkan ketika komputer mereka sedang tidak menyala. Setiap orang yang membeli ponsel ini akan memiliki akses penyimpanan file online sebesar 1GB secara gratis.

Nokia E63 akan tersedia dalam warna ruby red atau ultramarine blue dengan berbagai fitur multimedia. Rekam, lihat gambar dan video dengan kamera digital dan tampilan landskap yang cerah, dengarkan musik yang diunduh dari Nokia Music Store, atau dari sumber-sumber lainnya, lewat jack audio 3,5mm atau atur perangkat ini melalui ribuan aplikasi yang bisa diunduh.

Di Indonesia, E63 baru akan diluncurkan besok, Jumat (5/12/2008), bertepatan dengan Gathering para pemilik Nokia Communicator. (srn)