UNTUK menjaga keharmonisan sebuah hubungan memang diperlukan pengorbanan dan upaya yang keras agar bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Sebab saat sebuah hubungan didera permasalahan yang serius, tidak sedikit pasangan yang memilih untuk berpisah. Padahal semua masalah tetap dapat diselesaikan tanpa harus mengulur waktu dan tetap menghadapi kenyataan pahit sebuah perpisahan.

Saat masalah yang cukup serius tengah mendera, yakinlah bahwa Anda dan pasangan dapat menghadapi persoalan dengan memulai berpikiran jernih dan bersikap bijaksana.

Nah agar Anda dan pasangan dapat menghadapi masalah dengan bijak, Askmen membeberkannya untuk Anda.

Lihat kembali pondasi yang telah dibangun

Berdirinya sebuah hubungan tentu tak lepas dari sebuah pondasi kuat yang tetap dipegang teguh oleh sepasang kekasih. Pondasi tersebut dapat berupa komitmen atau kepercayaan yang dijunjung tinggi.

Namun saat salah satu pihak merasa terbebani atau tidak lagi memegang pondasi hubungan, ada baiknya bicarakan baik-baik sebelum memutuskan untuk berpisah.

Sadari sikap Anda selama ini

Faktor lain yang harus Anda sadari adalah apakah perilaku atau sikap Anda terhadap hubungan asmara telah berlangsung baik.

Apakah sikap Anda kepada si dia terlalu keras seperti pada kekasih sendiri atau sebaliknya? Sikap kasar atau dingin terhadap orang yang dicintai dapat menimbulkan persepsi yang salah dan masalah baru dalam hubungan. Jika Anda ingin menghindari hubungan yang bermasalah, cobalah untuk menekan ego Anda dan perlakukan pasangan dengan lembut.

Kesetiaan

Kendati dalam hubungan yang sedang bermasalah kesetiaan menjadi hal yang sensitif. Namun jika si dia masih tetap mempertahankan hubungan asmara dan setia dengan Anda, maka Anda harus berpikir ulang jika ingin mengakhiri sebuah hubungan. (nsa)

Iklan